6 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop

6 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop – Apakah anda sebelumnya pernah mengalami kinerja komputer atau laptop anda lemot atau lelet ? Mungkin hal ini sering terjadi pada perangkat komputer atau laptop yang telah memiliki umur cukup tua. Nah untuk mencegah hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop agar tidak lelet atau lemot. Ketika kinerja komputer atau laptop lemot, hal ini akan mengganggu aktivitas kita terlebih ketika kita sedang melakukan perkerjaan dibidang komputer. Tak hanya itu saja, kinerja komputer atau laptop yang lemot akan membuat kita merasa kesal. Nah jika anda ingin mempercepat kinerja komputer agar tidak lemot berikut ini ulasan lebih detailnya.

6 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop

Cara mempercepat kinerja komputer atau laptop agar tidak lemot tidak sesulit yang anda bayangakan. Caranya cukup mudah ko dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Anda penasaran dengan cara memeprcepat kinerja perangkat PC atau laptop ? Yuk langsung saja kita intip caranya berikut ini :

6 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop

1. Delete Spyware

Dari sekian banyak masalah yang sering terjadi para perangkat PC atau komputer yakni serangan dari spyware, virus atau pun malware. Oleh karena itu diperlukan anti virus untuk melindungi file data yang terdapat pada perangkat PC (komputer). Untuk melakukan pembersihan di perangkat PC atau laptop telah ada di OS Windows antara lain Windows Live OneCare maupun prosuk Windows lainya, akan tetapi harus mengdownload terlebih dulu di internet. Nama sofwarenya yakni Microsoft Security Essentials. Jika perangkat PC atau laptop anda telah terpasang anti virus, kemungkinan besar perangkat PC anda akan berjalan ddengan lancar atau tidak lemot.

2. Memaksimalkan Kinerja Hard Disk

Cara kedua mempercepat kinerja komputer atau laptop agar tidak lelet yakni dengan memaksimalkan kinerja hard disk. Didalam hardisk telah tersimpan file data-data, namun sebaiknya anda tidak menyimpan data terlalu banyak didalam hardisk pasalnya hardisk memiliki batasan kapasitas. Jika kapasitas didalam hardisk sudah penuh, hal ini akan mengakibatkan kinerja perangkat komputer menjadi agak lelet atau lemot. Silahkan anda simpan data-data yang dianggap penting saja dan buang data-data yang diangkan tidak penting.

Tak hanya itu, silahkan anda gunakan anti virus di perangkat komputer anda agar virus malware tidak masuk kedalam hardisk atau ke sistem perangkat PC. Saat ini banyak sekali anti virus yang dapat digunakan di perangkat PC anda, silahkan anda dapat mengunduhnya kemudian install di komputer anda.

3. Fragmentasi Disk

Sedangkan cara ketiga mempercepat kinerja komputer dapat dilakukan dengan cara fragmentasi disk. Selain memiliki kemampuan agar kompter bekerja secara normal, dan sebagai penghapus file yang tidak dipergunakan, Para pengguna bisa melakukan defraghard yang bertujuan untuk menyusun data-daya yang terdapat didalam hardist tersusun secara sistematis. Dengan begitu, jika ingin menggunakan salah satu data maka akan muncul secara cepat, sehingga hal ini akan mengurangi kinerja komputer yang lemot atau lelet.

4. Perbaiki Bad Sector

Cara selanjutnya mempercepat kinerja komputer dapat dilakukan dengan memperbaiki bad sector. Silahkan anda dapat melakukan pengecekan pada bad sector, bad sector terletak didalam hardisk. Tak hanya itu, kalian juga bisa melakukan perbaikan adengan menggunakan aplikasi tool Error Checking Utility. Jika anda selalu sibuk dengan pekerjaan anda dan tidak sempat ingin memperbaiki bad sector setiap harinya, lebih baiknya anda perbaiki bad sector setiap satu minggu sekali. Hal ini akan mempercepat kinerja komputer anda agar tidak lemot.

5. Memaksimalkan RAM

Sedangkan cara kelima mempercepat kinerja komputer dapat dilakukan dengan memaksimalkan memori RAM. Tak hanya di hardisk saja, memori RAM juga sangat berpengaruh terhadap kinerja perangkat komputer anda. Jika kapasitas yang dimiliki perangkat komputer anda cukup kecil, sebaiknya anda tidak memasang terlalu banyak aplikasi cukup aplikasi yang dianggap anda penting saja. Pasalnya jika memori RAM telah penuh, biasanya kinerja perangkat komputer anda akan menjadi lelet atau lemot. Nah untuk mencegah hal itu, sebaiknya pasang aplikasi yang penting saja didalam komputer anda.

6. Sesuaikan Visual Efek

Sedangkan cara terakhir mempercepat kinerja komputer atau laptop dapat dilakukan dengan menyesuaikan visual efek. Hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja perangkat komputer. Sesuaikan Visual Efek memiliki maksud yakni silahkan anda sesuaikan spek yang dimiliki oleh perangkat PC anda dari kapasitas memori RAM, aplikasi yang terpasang atau pun hardis. Hal ini untuk mencegah overload.

Demikian yang kami berikan kali ini mengenai Cara Mempercepat Kinerja Perangkat PC atau Laptop agar tidak lemot. Mohon maaf jika dalam penyampaian saya masih kurang jelas. Semoga cara mempercepat kinerja perangkat komputer yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa kunjungi terus website ini untuk mengetahui informasi mengenai dp bbm, game android, aplikasi android, tips trik komputer dan lainya sebaginya setiap hari. Terima kasih 🙂

6 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop | didi | 4.5